Kamis, 30 September 2021 00:00

Masjid Al-Ikhlas, Masjid Tertua di Belitung

Sijuk, memang terkenal dengan panorama keindahan pantai yang menakjubkan, yang mampu membuat setiap mata memandang tertarik untuk kembali. Tidak hanya pantai, ternyata Sijuk juga menyimpan wisata religi yang masih kental dan terjaga oleh masyarakat setempat. Di desa ini terdapat salah satu masjid tertua di Pulau Belitung yaitu Masjid Al-Ikhlas yang dibangun pada tahun 1817 yang pada zaman itu juga berfungsi sebagai pusat komando perjuangan rakyat Belitung.
 
Masjid Al-Ikhlas terletak di Desa Sijuk, tepatnya di Jalan Penghulu, Desa Sijuk, Kec. Sijuk, Kab. Belitung. Jarak tempuh dari pusat kota Tanjungpandan menuju Masjid ini yaitu 28 KM dan memakan waktu kurang lebih 45 menit.  Hingga saat ini, Masjid Al-Ikhlas masih digunakan sebagai tempat ibadah sama seperti masjid-masjid lainnya walau sempat tidak digunakan karena para jamaah pindah ke masjid baru yang lebih besar. Masjid ini terkadang juga digunakan sebagai tempat untuk musyawarah oleh pemuda-pemuda setempat.
 
Sebagian besar bangunan masjid tua ini menggunakan bahan baku kayu. Meskipun sudah beberapa kali dilakukan renovasi namun keaslian masjid masih tetap terjaga. Atap yang bergaya limasan tumpang seakan mencirikan bangunan khas daerah Belitung. Sedangkan bagian dalam masjid terdapat 4 pilar tiang utama sebagai penopang masjid yang terbuat dari kayu teruntum dan merupakan bagian yang tidak pernah diganti sampai sekarang.
 
Pada dinding masjid terdapat sebuah tulisan yang menceritakan tentang sejarah masjid ini. Dalam tulisan tersebut menyebutkan bahwa, masjid ini dibangun oleh Tuk Dong. Tak ada yang tahu pasti siapa sebenarnya Tuk Dong ini. Ada yang mengatakan beliau ini adalah seorang penyebar islam yang berasal dari Kalimantan. Ada pula yang mengatakan beliau ini dua bersaudara yang berasal dari negeri Cina. Mereka satu sama lain saling membantu membangun tempat ibadah. Memang benar adanya, toleransi diantara mereka cukup tinggi, karena tidak jauh dari Masjid Al-Ikhlas terdapat sebuah Kelenteng yang juga dibangun oleh kedua bersaudara tersebut yang dibangun 2 tahun lebih dulu yaitu tahun 1815.
Menurut cerita dari orang-orang tua terdahulu, sebenarnya Masjid Al-Ikhlas Sijuk memang bukan masjid pertama yang dibangun di Belitung, namun konon masjid yang dibangun pertama kali adalah masjid di kaki Gunung Parang Bulu di Kawasan Membalong. Tetapi, hingga kini tidak jelas kapan tahun berdirinya dan apakah masih ada jejak sisa dari bangunan masjid tersebut. Hal inilah yang membuat Masjid Al-Ikhlas dinobatkan sebagai masjid tertua yang ada di Belitung.(Gebi)
Sumber:


Kirim Komentar

Nama
Komentar
Security Code